Minggu, 24 Mei 2009

KESISWAAN

Sekolah adalah sebagai tempat menyelenggarakan dan melaksanakan proses pendidikan berdasarkan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dan Pancasila. Penyelenggaraan dan pelaksanaan proses pendidikan melibatkan Kepala Sekolah, guru, siswa, perangkat sekolah lainnya serta orang tua siswa. Kepala sekolah bertanggung jawab penuh atas penyelenggaraan seluruh proses pendidikan di sekolah.
Salah satu komponen yang tidak kalah pentingnya demi terlaksananya proses pendidikan di sekolah adalah Pembinaan Kesiswaan. Pembinaan Kesiswaan di sekolah bermaksud untuk memberikan bekal pendidikan kepada siswa, yang kemudian atas prakarsa sendiri dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan baik untuk dirinya sendiri, sesama siswa maupun lingkungan pergaulan siswa kearah tercapainya martabat, mutu, kemampuan manusiawi yang optimal serta pribadi yang mandiri.

Kegiatan-kegiatan siswa di sekolah khususnya kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang terkoordinasi, terarah dan terpadu dengan kegiatan-kegiatan lain di sekolah, guna menunjang tercapainya tujuan kurikulum sekolah.

Pelaksanaan kegiatan kesiswaan, khususnya kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler di sekolah, berdasarkan pengelompokan, baik melalui pengelompokan kelas maupun pengelompokan Organisasi Intra Sekolah ( OSIS ). Untuk kegiatan ekstrakurikuler, SMP Negeri 2 Sutojayan membuka 14 jenis Ekstrakurikuler dengan tujuan bisa mengembangkan bakat siswa sesuai dengan bidangnya masing-masing. Agar penyelenggaraan kegiatan kesiswaan ini dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya, maka diperlukan pemimpin-pemimpin siswa yang memiliki kemampuan dan pembina siswa yang mampu mengerahkan kegiatan kesiswaan tersebut.

Dengan demikian para pemimpin siswa dan pembina siswa secara aktif dapat berperan dalam upaya meningkatkan tata kehidupan sekolah yang aman dan tertib serta penuh rasa kekeluargaan.
Lampiran ( I )
Sk : Penyusunan Osis
Tanggal : 20 Oktober 2008
No. : 425/6144/409.105.16/2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar