Minggu, 19 April 2009

Komunitas Guru Perlu Diberdayakan



Kamis, 19 Juni 2008 | 18:57 WIB

JAKARTA, KAMIS - Komunitas guru yang sudah ada seperti Musyawarah Guru Mata Pelajaran atau MGMP perlu diberdayakan. Komunitas tersebut dapat menjadi wadah para guru berdiskusi, melatih diri., dan merencanakan pembelajaran bersama sehingga profesionalitas guru meningkat.

Untuk memberdayakan MGMP tersebut Sampoerna Foundation dan Universitas Pendidikan Indonesia bekerja sama menjalankan program Lesson Study. Nota kesepahaman kerja sama tersebut ditandatangani, Kamis (19/6).

Kepala Program Sampoerna Foundation Teacher Institute, Wendy Armunando mengatakan, program pelatihan tersebut akan dilaksanakan selama tiga tahun di Kabupaten Karawang, Kota Surabaya, serta Kabupaten dan Kota Pasuruan. Dengan melibatkan sebanyak 2.270 guru, diharapkan program ini dapat mengembangkan komunitas pendidikan dan tenaga kependidikan secara sinergis, holistik, dan berkelanjutan di kabupaten atau kota.

Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia, Sumar Hendayana yang mewakili pihak UPI mengatakan, dalam program tersebut, guru-guru di setiap daerah akan dibagi menurut mata pelajarannya dan dikelompokkan dalam MGMP. Kegiatan mengajar guru di sekolahnya akan direkam menggunakan handycam dan hasil rekaman itu akan dibahas melalui forum MGMP.

Forum itu juga akan diberdayakan untuk mengkaji berbagai permasalahan pembelajaran, pembuat riset belajar mengajar di kelas, dan hasil diskusi akan digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar